loading...

Evaluasi proses pengambilan keputusan anda


Evaluasi proses pengambilan keputusan anda

Ketika dihadapkan pada keputusan apapun, yang harus dipertimbangkan adalah ”apa yang paling penting untuk anda”.

Menyesali keputusan yang telah anda ambil tentu hanya membuang-buang waktu. Agar tidak menyesal belakangan ada baiknya anda mengikuti tips berikut :
 
‘’Pikirkan apa yang paling penting untuk anda’’

“ apakah yang paling penting untuk anda?”. Walaupun keputusan yang anda lakukan merupakan keputusan kecil,

Tidak berarti satu keputusan akan mengubah hidup anda seluruhnya, namun keputusan-keeputusan kecil tersebut akan bertambah dan berdampak dalam hidup anda, apakah anda akan lebih baik atau sebaliknya.

Langkah selanjutnya adalah memutuskan apakah keputusan tersebut mendukung tujuan hidup anda atau tidak.

Dengan membuat pilihan tersebut, anda dapat lebih mudah mengambil keputusan .
 
Jaga emosi
Apakah anda pernah “memaksa” mengorek tabungan untuk membeli sepatu idaman anda, padahal saldo di rekening sudah menipis? Banyak dari kita yang mendahulukan perasaan daripada otak. Maksudnya, anda memutuskan sesuatu berdasarkan emosi (keinginan) bukan berdasrkan atas pemikiran matang anda. Keputusan berdasarkan emosi seringkali hanya akan berakhir dengan penyesalan.

Cari rencana alternative

Jika keputusan yang anda pilih ternyata salah, atau akhirnya anda menyadari bahwa suatu keputusan tersebut tidak seperti yang anda inginkan,

jangan buang waktu untuk berpikir “ kalau saja saya…”. Sebaliknya, buatlah keputusan alternatif yang akan menghapus penyesalan anda. ‘ bukan tugas anda untuk menyesal, tugas anda alah membuat pilihan-pilihan baru”.

Jika anda tidak yakin mengenai langkah selanjutnya, bayangkan saja anda berada di jalan raya dan terjebak dalam kemacetan. Ambil jalan keluar pertama yang anda lihat dan cari cara baru untuk mencapai tujuan anda. Atau jika anda telah memutuskan untuk pergi berlibur ke suatu tempat, setelah sampai hotel ternyata di luar sedang turun hujan, hal tersebut biasanya merubah semua rencana yang telah anda persiapkan baik-baik begitu sampai di tempat tujuan, dengan adanya hujan tentu akan membuat anda harus berada dihotel. Akan tetapi anda juga dapat membuat liburan di hotel lebih menyenangkan dengan mencari tahu apakah ada acara-acara seru yang diadakan pihak hotel di dalam ruangan atau berkeliling hotel untuk melihat-lihat fasilitas yang tersedia.